Senin, 11 Juli 2011

Lemon Cotton Cupcake with Ganache Filling



Saya mengerjakan cake ini sebagai bahan utk disetorkan di event bulanan Let's get Baking Together  #7.
Idenya dari sisa ganache buat filling Chocolate Molten Cup Cake. Berhubung PR nya bikin Cotton Cake, akhirnya fillingnya dimasukkan saja ke Cotton Cupcake ini. Beneran enak ya perpaduan lemon, coklat, dan whipcream (ini yg bilang tetangga samping rmh yg kebagian nyicipin 4 buah cupcake ini ^_^).
Resepnya modifikasi dari Chocolate Cotton Cake yg pernah sy posting (dari Baking Demo Tulip, katanya..), hanya saja sdh ada bbrp yg sy tambahkan dan hilangkan..

Bahan:

65 gr mentega/margarin
65 gr tepung terigu protein rendah
1/2 sdt parutan kulit lemon, bs ditambah jd 1 sdm jk ingin lbh wangi lemon
80 gr susu tawar cair
5 butir kuning telur, kocok lepas
5 butir putih telur
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam, jk menggunakan unsalted butter
1 sdt air lemon

Filling ganache:
100 ml whipcream
200 gr DCC, cincang
Hangatkan whipcream, masukkan DCC cincang, aduk hingga DCC lumer, dinginkan. Siap dipakai sbg filling.


Cara Membuat:

1. Panaskan oven dg suhu 170 derajat Celcius (sy cm pake 150 derajat aja). Siapkan loyang kotak 22 x 22 x 4 (sy pk paper cup), alasi dasar loyang dengan kertas roti tanpa dioles margarin.
- Didihkan margarin, matikan api lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata, sisihkan.
- Hangatkan susu, lalu tuangkan ke dalam kuning telur, aduk rata lalu masukkan ke dalam adonan margarin dan tepung tadi (adonan pertama) aduk keduanya hingga rata, sisihkan.
- Kocok putih telur, garam dan air lemon hingga berbusa, lalu secara bertahap tambahkan gula pasir dan lanjutkan mengocok sampai soft peak (adonan membentuk sudut2 tumpul saat diangkat dengan spatula). Campurkan adonan ini dengan teknik "dipancing". Artinya masukkan sedikit adonan putih telur ke dalam adonan pertama, aduk rata terlebih dahulu, lalu masukkan adonan pertama ini ke dalam adonan putih telur. Aduk hingga rata.
- Tuang 1 sdm dalam paper cup, panggang dalam oven yang telah dipanaskan tadi selama kurang lebih 5 menit. Lalu keluarkan cake dan isi dg 1 sdt bahan filling, dan tutup lagi dg adonan sampai 3/4 penuh. Panggang lagi sampai matang, kira2 25 menit.


Ini foto bagian dalam, spy keliatan fillingnya  :)
 

Enjoy! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar